Malaikat dan hewan pun ikut menyimak bacaan al quran



Suatu malam, Usaid bin Hudlair membaca (surat Al Kahfi) di tempat penambatan kudanya. Tiba-tiba kudanya meloncat, ia membaca lagi, dan kuda itupun meloncat lagi. Kemudian ia membaca lagi, dan kuda itu meloncat kembali. Usaid berkata, "Saya khawatir kuda itu akan menginjak Yahya, maka aku pun berdiri ke arahnya. Ternyata, aku melihat sepertinya ada Zhullah (sesuatu yang menaungi) di atas kepalaku, di dalamnya terdapat cahaya yang menjulang ke angkasa hingga aku tidak lagi melihatnya. Maka pada pagi harinya, aku menemui Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, dan berkata, "Wahai Rasulullah, semalam saya membaca (Al Qur`an) di tempat penambatan kudaku namun tiba-tiba kudaku meloncat.”


Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Bacalah wahai Ibnu Hudlair.” Kemudian aku pun membacanya lagi (surat al kahfi), dan kuda itu juga meloncat kembali. Beliau bersabda lagi, “ Bacalah wahai Ibnu Hudlair.” Kemudian aku pun membacanya lagi, dan kuda itu juga meloncat kembali. 


Lalu Ibnu Hudlair melanjutkan kisahnya; Maka sesudah itu, akhirnya saya beranjak. Saat itu Yahya dekat dengan kuda, maka saya khawatir kuda itu akan menginjaknya. Kemudian saya melihat sesuatu seperti Zhullah (sesuatu yang menaungi) yang di dalamnya terdapat cahaya yang naik ke atas angkasa hingga saya tidak lagi melihatnya”. 

Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda: “ Itu adalah Malaikat yang sedang menyimak bacaanmu, sekiranya kamu terus membaca, niscaya pada pagi harinya manusia akan melihatnya dan Malaikat itu tidak bisa menutup diri dari pandangan mereka.”( HR. Bukhari)


###


Petikan kisah tersebut, menunjukkan betapa dahsyatnya keberkahan seseorang yang sedang membaca al qur'an secara benar dan khusyu'. Sampai - sampai malaikat pun ikut menyimak bacaan al quran melalui bentuk penampakan cahaya (zhullah, bayangan yg menaungi ). Tentu makhluk astral seperti malaikat ingin pula menyimak bacaan itu, apalagi makhluk hidup seperti hewan (kuda), yang ternyata juga bisa merasakan kehadiran malaikat dan ikut menyimak bacaan al quran. Meskipun dalam pandangan manusia,  hewan tidak akan paham tentang makna al qur'an, tetapi hewan juga punya instink ber-ketuhanan di dalam nalurinya untuk mau menyimak ayat-ayat Allah... Subhanallah


Mari kita tingkatkan gemar membaca dan mencintai al quran dengan mempelajari, memahami dan mengamalkan kandungan isinya. Semoga Allah akan menjadikan bacaan quran kita sebagai syafaat di yaumil akhir nanti.. 



🍃💐🍃 Semoga bermanfaat

 _____

Komentar