DOA

 


_"Gimana tadz kabarnya? sudah berapa bulan nih? hehe"_ tanyaku


_"Alhamdulillah sudah dua bulan tadz. Doanya nggeh"_


_"Iya tadz. Semoga lancar sampai lahiran ya"_


_"Aamiin... Terimakasih tadz. Apa yang sampean sampaikan di WA beneran saya alami"_ tiba-tiba beliau ngasih testimony


_"Maksudnya yang mana tadz?"_ karena saya udah gak bisa ngitung lagi materi yang sudah saya share di Grop


_"Yang itu tadz. Mendoakan orang lain. Pas sampean ngasih materi itu, saya langsung praktekkan. kalau kita mendoakan orang lain, kita juga kena kebaikannya kan? Alhamdulillah setelah mrakteikn itu kok istri saya hamil. haha"_


--------------------


Jujur, saya pribadi gak menyangka jika diam2 materi2 yang saya sampaikan benar2 dipraktekkan oleh teman2 di grop.


Materi yang disinggung  ustadz itu sebenarnya bukanlah materi yang berat2. melainkan materi ringan yang mungkin kebanyakan orang mengaggap itu remeh.


Waktu itu saya hanya menceritakan apa yang saya alami ketika saya pribadi senang sekali mendoakan kebaikan untuk orang lain.


Ketika melihat teman2 senior yang tak kunjung dapat jodoh, diem2 saya doakan agar segera dapat jodoh. Eh, malah saya yang nikah duluan.


Ketika melihat teman2 senior yang udah nikah tapi belum juga diberi keturunan, diem2 saya doakan agar segera dikaruniai keturunan. Eh, malah belum genap sebulan kami menikah, Allah izinkan istri saya hamil. MasyaAllah... 


Saya pun seringkali mendoakan pedagang-pedagang kecil agar selalu dilancarkan rezekinya oleh Allah. Diam2 saya doakan. Saya fatihahin.. Alhamdulillah... Allah selalu kasih rezeki yang cukup untuk keluarga kami.


Ya. Walaupun kebaikan itu terkesan remeh, ternyata Allah berikan balasan yang tak disangka-sangka kepada kita. Dengan catatan, ketika mendoakan kebaikan orang lain, doakan dengan penuh kesungguhan untuk kebaikan orang yang kita doakan. Tidak berharap agar kita dibaikin Allah. Doanya beneran untuk orang lain. Bukan untuk kita. Walaupun niat agar kita mendapatkan kebaikan diri sendiri juga boleh.


Hal ini sebagaimana yang disampaiakn oleh Rasulullah:


_*"Tidaklah seorang muslim mendoakan saudaranya tanap sepengetahuannya (secara sembunyi-sembunyi, kecuali para malaikat mengucapkan doa yang sama untukmu" (HR. Muslim no. 2732)*_


Anehnya, meskipun doa itu benar2 diniatkan untuk kebaikan orang lain, selalu adaaaa aja kebaikan-kebaikan yang Allah bukakan untuk kita. Itu semua karena Allah selalu menepati janjiNya. Setiap kebaikan pasti Allah balas. Seremeh apapun itu. Sekecil apapun itu. Jadi jangan eman2 untuk selalu mendoakan kebaikan orang lain ya...


Ingat ayat surat ar-Rahman ayat 60 ini


هَلْ جَزَاءُ الْإِحْسَانِ إِلَّا الْإِحْسَانُ


_*"Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)."*_


Segala kebaikan pasti ada balasannya. Termasuk hal remeh dengan share tulisan ini. Jika tulisan ini mengandung kebaikan dan orang lain melakukan kebaikan dari apa yang kita share niscaya kita pun mendapat kebaikannya. InsyaAllah.


Saya doakan teman2 yang SHARE tulisan ini semoga dilancarkan rezekinya, dimudahkan segala urusannya, dan diampuni segala dosa2nya. Aamiin... ;)


*A. S. Rizal | Santri Biasa


https://t.me/semangatsubuh


*_Selamat menunaikan ibadah shalat Subuh, semoga Allah menerima amal ibadah kita Aamiin_*

Komentar