"biarin gue ngga' sholat, biarin gue ngga' puasa, yang penting hidup gue ngga' pernah nyakitin orang!".

 


Banyak yang bilang "biarin gue ngga' sholat, biarin gue ngga' puasa, yang penting hidup gue ngga' pernah nyakitin orang!".

Lucunya orang² ini, kepada sesama makhluk mereka baik, tapi kepada Allah, Penciptanya sendiri, mereka malah durhaka. Allah suruh mereka sholat, mereka malah ngga' sholat, malah bilang "yang penting gue ngga' nyakitin orang!", dagelan ..

Brother, emangnya kamu kira islam itu cuma mengatur masalah sosial, hubungan kita ke sesama makhluk? Islam itu luas brother ! Lebih dari itu Islam mengatur hubungan manusia dengan Penciptanya; Allah subhaanahu wa ta'ala!

Kurang apa akhlak Nabi sebelum diangkat menjadi Rasul? Beliau menyambung famili, berkata jujur, memuliakan tamu, suka membantu yg lemah, berbuat baik pd tetangga, kurang apakah akhlak Nabi sebelum diangkat menjadi Rasul? Bacalah hadits maka kau akan tahu betapa bagusnya akhlak Nabi sebelum diangkat menjadi Rasul.

Justru setelah beliau diangkat menjadi Rasul, Kaum Quraisy memusuhi beliau, terpisahlah antara ayah dengan anaknya, seorang suami dengan istrinya, seorang kakak dengan adiknya, bahkan beliau dituduh sebagai Dukun, dan tukang sihir. Apakah kau kira mereka memusuhi akhlak Nabi? Tidak! Mereka itu memusuhi ajaran² yg Nabi bawa, bukan memusuhi akhlak Nabi. Apakah ajaran² Nabi itu? Ajaran² Nabi adalah: Mentauhidkan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa Romadhon, dan Haji, dll.

kata Nabi
"innamaa bu'itstu liutammima makaarimal akhlaak/ aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik", jadi, mendirikan sholat, menunaikan zakat dan berpuasa Romadhon adalah bagian² penting dr kesempurnaan akhlak, berakhlak kepada manusia itu penting, tapi berakhlak kepada Allah sebagai Pencipta alam semesta itu jauh lebih penting, berakhlak kepada Allah adalah prioritas utama.

Maka, sebaik apapun akhlak seseorang kepada sesamanya tapi kalau dia tidak sholat, tidak berpuasa romadhon, tidak memakai jilbab, maka tetap saja dia buruk bahkan sangat buruk karena tidak berakhlak kepada Penciptanya. 

 

Komentar